Castielus PCus

Windows 32bit vs Windows 64bit

Friday, March 7, 2014 , Posted by Unknown at 12:15 AM

Istilah 32bit vs 64bit kerap menimbulkan kebingungan bagi orang awam. Kebingungan semakin meningkat karena ada banyak program yang terbagi menjadi 32 atau 64 bit. Kalau kamu juga bingung, kamu wajib membaca artikel ini.

http://calibre-ebook.com/site_media//img/windows64_logo.jpg
Pada umumnya, komputer dengan Windows 64bit terasa lebih cepat. Kenapa? Karena Windows 64bit bisa menggunakan lebih banyak memory (4GB ke atas). Windows 32bit hanya mampu memakai 3,5GB saja. Jika memory yang dipakai Windows bisa lebih banyak maka kamu bisa membuka program dan file lebih banyak tanpa memperlambat komputer. TAPI memory besar (di atas 3.5GB) hanya terasa manfaatnya jika kamu suka membuka aplikasi berat lebih dari satu secara bersamaan.


FAKTA VS SPECS
*******************
Mayoritas komputer (bukan rakitan) baru kini datang dengan memory 4GB. Banyak produsen komputer menginstall Windows 64bit ke dalam komputer itu agar konsumen bisa memakai semua memory itu, agar komputer lebih cepat. Tapi fakta lapangan berkata sebaliknya. Mayoritas pengguna tidak akan bisa merasakan bedanya memakai 3GB RAM dengan 6GB RAM. Tapi jika kamu membuka selusin email, selusin program, sambil menonton video pada saat yg sama,  baru akan terasa bedanya. Memory besar memungkinkan komputer lebih cepat merespon jika kamu suka membuka banyak aplikasi pada saat yang sama.


Para gamer lebih memilih Windows 64 bit karena game menuntut sumber daya hardware yang besar. Windows 7 64bit tercatat mampu menggunakan RAM hingga 192GB - jauh lebih besar dari kebutuhan seorang power user. Windows 64bit, dipadu dengan prosesor 64bit, juga berguna bagi mereka yang berkecimpung dalam disain 3D. Tapi jika kamu cuma pengguna biasa saja, memory di atas 4GB terasa sama saja dibanding dengan memory 2GB yang dijalankan dengan Windows 32bit.


32BIT PROCESSOR VS 64BIT PROCESSOR
***************************************
Untuk menjalankan Windows 64bit, kamu butuh processor 64bit yang biasanya disebut x64 processor. Secara umum, processor 64bit mampu menjalankan aplikasi 32bit juga tapi ada beberapa pengecualian.  Kalau kamu tidka yakin apakah komputer kamu bisa menjalankan Windows 64 bit atau tidak, install Windows 7 Upgrade Advisor. Program ini bisa menganalisa dan memberikan saran.


INSTALL WINDOWS 64BIT
****************************
Jika Windows kamu saat ini merupakan 32bit dan processor kamu mendukung 64bit, kamu tidak bisa serta-merta melakukan upgrade Windows dari 32bit ke 64bit. Untuk mengganti bit Windows, kamu harus melakukan installasi ulang secara total serta melakukan format pada hard disk. 


CARA MENGETAHUI VERSI BIT WINDOWS
*******************************************
Secara fisik, Windows 32bit dan 64bit terlihat sama saja. Untuk mengetahuinya, kamu harus masuk ke Control Panel. Bagi pemakai Windows 7 dan 8, dari kolom Search Box bisa mengetikkan: system. Dari sana, akan jelas apakah Windows kamu 32bit atau 64bit.


PROGRAM 32BIT VS 64BIT
***************************
Jika kamu menjalankan Windows 64bit, komputer kamu butuh driver 64bit untuk segala macam device yang terhubung. Misalnya driver printer kamu adalah 32bit, driver itu tidak akan bisa diinstall ke dalam Windows 64bit. Kabar baiknya, Windows bisa otomatis mencarikan driver 64bit itu asalkan driver itu ada secara online. 

Semua program yang berlogo "Compatible with Windows 7" atau 8, pasti datang dengan 2 versi: 32bit dan 64bit karena itu sudah merupakan ketentuan Windows. Berbeda dengan driver, program 32bit rata-rata bisa berjalan baik dalam Windows 64bit (KECUALI: Antivirus!). Tapi program 64bit, apalagi program berat, akan berjalan lebih cepat. 

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment