Castielus PCus

Atasi Kegagalan NVIDIA Installer

Monday, June 9, 2014 , Posted by Unknown at 2:15 AM

Siapa tak kenal graphic card NVidia? Merek ini sering dipakai banyak orang. Sayangnya, merek ini pula paling sering bermasalah. NVidia Installer (bermacam versi) diakui sering gagal saat diinstall. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Simak tips berikut:



Saya melakukan penelusuran ke forum resmi geForce, ternyata banyak yg mengalami gagal install dari NVDIA Installer dan tak ada solusi pasti setahuku. Malah ada yang mengaku sudah install ulang Windows dan percuma. Teori yg berkembang adalah adanya glitch atau bug terhadap Windows 7 dan 8. Meski tak ada solusi pasti, tidak berarti kamu harus angkat tangan dulu!

PENGECEKAN AWAL
****************
1. Pastikan installer kamu mendukung versi vga card kamu.
2. Pastikan installernya tidak korup. Download ulang kalo perlu.
3. Pastikan installernya tidak salah bit! Misal, Windows 64bit tidak bisa menjalankan driver 32 bit!
4. Pastikan juga installernya sesuai dengan jenis komputer kamu (versi PC atau versi netbook).
5. Pastikan vga card kamu tidak bermasalah (tidak longgar, tidak overheat, tidak ada komponen rusak/copot, dll)
6. Pastikan harddisk kamu masih punya space kosong yang mencukupi. Kalo harddisk penuh, installer tentu tak bisa berjalan.

Kalo kamu sudah 100% yakin tidak ada yg salah, maka teruskan langkah berikut di bawah ini.


INSTALL DARI DEVICE MANAGER
****************************
1. Hapus semua registry Nvidia. Uninstall sebersih2nya semua driver Nvidia. Pastikan firewall sudah dimatikan.
2. Masuk ke Control Panel, Device Manager, klik vga card kamu (mungkin di bawah Display Adapters), pastikan statusnya "device is working properly".
3. Lalu klik Driver tab, update driver.
4. Saat diminta, browse folder NVIDIA tempat driver itu berada. Pastikan "include subfolder" tercentang. Installasi akan berjalan.


INSTALL DARI SAFE MODE
************************
Masuk ke safe mode lalu install seperti biasa. Cara ini berhasil bagi beberapa orang. Sepertinya dalam beberapa kasus, ada program yang mengalami konflik dan hanya bisa diselesaikan dengan Safe Mode.


INSTALL DENGAN "TAKE OWNERSHIP"
**********************************
Mulai dari Windows 7, Microsoft memperkenalkan fitur Permission yg terbukti adalah senjata makan tuan krn pemilik komputer sering ter-lock-out dari filenya. Dalam hal ini, bisa saja folder install/folder system terlock. Cara mengatasinya adalah dng menginstall freeware Take Ownership.
1. Install "Take Ownership"
2. Masuk ke C:\ProgramData (hidden folder loh)
3. Pilih semua folder Nvidia, klik kanan, pilih Take Ownership.
4. Install driver seperti biasa.

Cara2 di atas diakui berhasil oleh beberapa member forum GeForce. Tapi tiap kasus itu unik krn selalu saja ada faktor X. Jadi tidak dijamin 100% berhasil. Tapi tak ada salahnya mencoba :)

Currently have 4 comments:

  1. Boleh bertanya tidak?
    Kenapa di laptop saya, graphic card di device manager itu tidak muncul? bisa tolong jelasin dan kasih tau solusinya?

  1. Unknown says:

    @Maulita: Ada beberapa kemungkinan:
    * vga card longgar
    * belum terinstall atau teruninstall secara tak sengaja

    Saran saya, coba install ulang drivernya. Kalo bisa dng versi terbaru. Jika vga card tetap tidak muncul, sebaiknya bawa ke tukang servis agar bisa dilihat kedudukan vga card di slot.

  1. Unknown says:

    Permisi mau tanya, kemarin sempet nyoba pake cpu lama buat liat apakah isi nya sudah hilang atau belum, setelah saya kembalikan (pasang) di cpu yang biasanya nvidia nya tidak terdeteksi (game gak bs buka terus di dxdiag tidak terdeteksi nvidia nya.. Setelah saya install pake drive nvidia, malah gak mau itu gimana ya? Terimakasih

  1. Unknown says:

    @Khusna: Besar kemungkinan ada yg salah saat pemasangan. Saran saya, bongkar lagi. Perhatikan vga card kamu, rusak tidak. Bersihkan debu. Lalu pelan2 pasang lagi. Barang elektronik memang begitu... -,-'

Leave a Reply

Post a Comment