Castielus PCus

Atasi Overheating Pada Modem USB

Wednesday, June 11, 2014 , Posted by Unknown at 2:37 AM

Modem USB kini bukan barang langka lagi. Modem tipe ini disukai karena bentuknya yang kecil, penginstallan yang mudah, dan bisa dibawa ke mana-mana. Secara keseluruhan, modem USB tidak membawa banyak masalah tapi ada sebagian pengguna yang cemas dengan masalah overheating pada modem. Jika kamu sangat peduli dengan masalah ini, kamu bisa ikuti beberapa petunjuk berikut:



1. Koneksi USB
Jika modem kamu dicolok pada port USB yang dekat dengan ventilasi maka besar kemungkinan modem dihangatkan oleh hawa panas yang tersembur dari ventilasi itu. Sebaiknya pindahkan ke port USB yang jauh dari pengaruh hawa panas. SANGAT TIDAK disarankan untuk mencolok modem USB pada USB hub dan/atau kabel ekstensi (terutama merek murah). Jika komputer kamu dilengkapi port USB 2.0 & 3.0, pilihlah port USB 3.0 karena output power-nya lebih besar (1Ax5V=5Watt max). USB 2.0 sendiri hanya mampu menghasilkan 0,4Ax5V=2Watt max. Kurangnya daya membuat modem USB lebih panas. Pastikan juga USB port itu dalam keadaan baik!


2. Spesifikasi modem
Sebelum membeli, perhatikan nomor chipset dan pembuatnya. Kemungkinan besar informasi itu tidak akan tertulis dalam kemasan, tapi masih bisa dicari di Google dengan cara meneliti nomor modelnya. Chipset itu penting. Chipset baru lebih handal mengatasi overheating, bahkan jika modem dipakai dalam waktu lama. Hindari membeli modem USB murah made-in-China, terutama modem yang berantena (mayoritas modem berantena adalah modem keluaran lama).

3. Lingkungan
Lingkungan tempat kamu menjalankan modem USB sangat penting. Jika kamu memakainya dalam lingkungan panas seperti pabrik tentu modem akan lebih cepat panas dibanding jika kamu memakainya dalam ruangan berAC. JANGAN PERNAH memakai modem USB di bawah terik matahari karena mungkin saja modem akan konslet akibat overheating yang parah.

4. Casing
Pilihlah modem USB dengan casing plastik atau karet. Jangan memilih casing metal. Casing metal adalah konduktor panas sehingga panas dari dalam modem akan ditransfer ke casing, sehingga modem terasa panas saat dipegang.

5. Sinyal
Jika lokasi kamu jauh dari menara BTS (Carrier Base Station) dan sinyal yang didapat kurang dari 25% (satu atau dua bar saja), modem USB akan memanas. Kenapa? Karena modem akan berusaha kuat mencari sinyal yang lebih kuat dan juga mencari BTS yang lebih dekat. Usaha yang terus-menerus seperti itu tentu memakan energi dan buntutnya modem menjadi panas. Disarankan kamu memakai modem USB dekat jendela TAPI tidak terkena sinar matahari langsung.

Jika semua cara di atas gagal dan modem USB tetap panas, tak ada cara lain kecuali mendinginkan secara manual, yakni dengan mencabutnya dan membiarkannya mendingin. Kamu bisa juga membawa modem itu ke teknisi modem terdekat.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment