Castielus PCus

Tips Memilih Anti Glare Untuk Monitor

Tuesday, June 10, 2014 , Posted by Unknown at 9:35 PM

Anti glare adalah lapisan pada monitor yang berguna untuk mengurangi pantulan cahaya pada monitor. Pantulan cahaya sangat mengganggu mata dan juga mengurangi kontras, warna dan ketajaman monitor. Pada zaman modern ini, mayoritas monitor LCD/LED sudah dilengkapi dengan anti glare. Tapi ada 2 macam anti-glare. Mana yang cocok untuk kamu? Simak artikel ini...

http://www.photodon.com/MXFilmOniMacCompare05S.jpg

1. MATTE
Anti glare matte dilengkapi dengan lapisan kasar yang bisa mencegah terjadinya pantulan cahaya eksternal pada monitor. Meski terdengar efektif, anti glare jenis ini juga mencegah pantulan cahaya internal (dari monitor) sehingga gambar yang muncul akan berkurang ketajamannya, bahkan agak buram.

2. LAPISAN KIMIA
Anti glare berlapisan kimia melapisi monitor dengan fungsi untuk mencegah pantulan cahaya eksternal. Tipe ini lebih bagus dalam hal ketajaman gambar. Meski demikian, anti glare jenis ini tidak sanggup mengurangi pantulan sebesar anti glare matte.

Sudah disebutkan di atas bahwa mayoritas LCD/LED datang dengan anti glare, tapi jika ternyata monitor LCD/LED kamu belum dilengkapi anti glare, kamu bisa membelinya secara terpisah dalam bentuk lembaran plastik yang lebih dikenal dengan nama lapisan anti gores. Lapisan ini bisa di beli di toko komputer. Pastikan ukurannya sama dengan ukuran monitor kamu. Anti glare juga dipasang pada berbagai gadget seperti HP, tablet, dll.


MANA YANG HARUS DIPILIH ???
*************************
Lantas, yang mana yang harus kamu pilih? Semua kembali pada penggunaan. Jika komputer dipakai dalam lingkungan perumahan, pilihlah anti glare berlapis kimiawi karena di lingunan rumah kamu bisa mengontrol pencahayaan. Jika komputer dipakai di lingkungan bercahaya kuat (misal di kantor, atau di tempat terbuka), maka anti glare matte adalah pilihan tepat. Jadi, sebelum membeli LCD/LED, tanyakan dulu pada penjual perihal jenis anti glare yang menyertai monitor itu.


MONITOR CRT BAGAIMANA ???
*************************
Monitor bertabung katode memang sudah tidak trend lagi tapi masih digunakan, terutama pada komputer lama. Memang ada monitor CRT yang datang dengan anti glare tapi mayoritas tidak. Untungnya, anti glare khusus CRT juga dijual terpisah. Beda dengan anti glare LCD/LED, anti glare CRT dilengkapi dengan lapisan anti radiasi ultraviolet.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment