Castielus PCus

Monitor Kosong Dan Tak Ada Bunyi Beep

Wednesday, March 12, 2014 , Posted by Unknown at 1:24 AM

Masalah yang satu ini termasuk masalah klasik dan sering dialami banyak orang. Suatu hari layar komputer kamu mendadak kosong alias hitam tanpa tulisan. Tapi saat di-boot, tidak ada bunyi beep meski kipas masih berputar. Jelas ada yang tidak beres.

http://www.any-data-recovery.com/images/topics/windows/black-screen-of-death.png

Kalo monitor hitam, banyak sebab. Mungkin kabel longgar, mungkin VGA card rusak, mungkin PSU bermasalah. Jadi harus dianalisa satu-satu. Perlu saya tegaskan, bahwa jika kamu merasa tidak berpengalaman dalam hal bongkar -membongkar CPU, bawa saja komputer kamu ke teknisi komputer!


Tapi jika kamu merasa percaya diri, berikut langkah-langkah analisa setelah kamu membongkar CPU:

1. Pastikan power sudah off dan kabel power sudah dicabut dari stop kontak.
2. Cabut semua kabel dari CPU, termasuk keyboard, mouse, printer, dan alat2 USB lain. Cabut pula kabel data dari dalam CPU yg terhubung ke hard disk, DVD ROM. Cabut semua cards, termasuk RAM, yang berada dalam slot motherboard.
3. Colok kabel power dan nyalakan CPU. Motherboard harusnya mengeluarkan bunyi beep yang menandakan bahwa RAM belum terpasang. Beep ini bagus karena artinya motherboard masih sehat. Matikan.
4. Pasang RAM dan restart. Masih ada bunyi beep yang menandakan VGA card belum terpasang. Beep ini juga bagus. Matikan.
5. Pasang VGA card dan sambung ke monitor. Restart. Kalau semua benar, takkan ada beep dan peringatan BIOS akan muncul di monitor yang memberitahukan tak ada boot device. Matikan. Kalau monitor tetap gelap, coba ganti RAM.
6. Pasang kabel hard disk dan DVD ROM. Satu persatu. Tes seperti biasa. Jika komputer mendadak mati saat komponen itu ditambahkan, artinya dialah biang kerusakannya.


KETERANGAN TAMBAHAN:
A. Jika motherboard kamu datang dengan vga card bawaan, saat kamu cabut semua komponen dan tidak ada yang muncul di monitor, artinya motherboard rusak. Atau bisa saja power supply atau prosesor.

B. Jika semua cara di atas tidak mempan, coba menghapus CMOS dengan mencabut baterenya.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment