Castielus PCus

Blue Screen of Death? Baca File .DMP

Thursday, March 20, 2014 , Posted by Unknown at 12:53 AM

Pernahkan komputer kamu mendadak hang lalu restart dengan pengumuman "Windows has just recovered from an unexpected shutdown"? Di bawahnya ada informasi yang bertuliskan "Files that help describe the problem: C:\Windows\Minidumps\nama-file.dmp" Tapi tidak semua orang tahu cara membaca file .DMP dan/atau pentingnya file itu. Tutorial berikut ditulis untuk Windows XP & Windows Vista tapi untuk Windows 7 dan 8 caranya serupa (hanya namanya mungkin berbeda sedikit)

File DMP yang penuh misteri dan intrik
APA ITU FILE .DMP
*********************
File .DMP adalah file dump yang berisi informasi terbatas tentang error yang dialami komputer, termasuk pesan hang, catatan drivers, info processor, info kernel, dll. Informasi itu sangat penting untuk menentukan error spesifik yang diderita komputer kamu. Tanpa info itu, kamu cuma bisa menebak-nebak saja.


CARA MENGESET FILE .DMP
*****************************
1. Start >> Settings >> Control Panel >> System
2. Pilih tab Advanced dari system properties. Masuk ke Settings di dalam opsi Startup And Recovery.
3. Cari list berjudul "Write debugging information", dan pilih opsi small memory.


CARA  BACA FILE .DMP
*****************************
1. Masukkan cd installasi Windows yang sesuai dengan versi Windows kamu
2. Buka foldernya dan pilih Support atau Tools. Masuk, dan cari Setup.exe
3. Buka Dumpchk.EXE dari folder
4. Dumpchk.EXe akan terbuka dengan berbagai opsi seperti dump validation, dump exam, extra file validation, dll. Kamu cukup jalankan scan dan baca hasilnya. Dumpchk.EXE akan melaporkan segala macam error tapi TIDAK akan memperbaiki kerusakannya.

ATAU
Kalo solusi di atas terlalu ribet, kamu bisa coba memakai software yang khusus membaca .DMP: Bluescreen Viewer Setelah terbuka, catat file apa saja yang memberikan error dan google kesalahannya (di situs Microsoft) untuk mencari solusinya.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment