Castielus PCus

Tuts Keyboard Berubah Fungsi? Salah Ketik Terus?

Tuesday, March 4, 2014 , Posted by Unknown at 8:29 PM

Beberapa pengguna komputer mungkin pernah merasakan frustrasi berat saat tuts keyboard mendadak berubah fungsi saat ditekan. Misalnya tombol @ mendadak mengetikkan ", begitu sebaliknya. Sebenarnya ada beberapa penyakit keyboard, tapi khusus untuk masalah @ berubah menjadi ", penyebabnya hanya satu: setting bahasa kacau!

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/0a/QWERTY_keyboard.jpg

Berikut langkah2 pemulihan setting bahasa keyboard menurut Windows XP. Perlu diketahui, solusi ini juga bisa diterapkan pada Windows 7 dan 8/ 8.1. Tampilannya memang sedikit berbeda tapi intinya sama.

1. Masuk ke Control Panel
Fix a Keyboard That Has the Wrong Characters Step 1.jpg

2. Klik "Regional and Language Options". 
Fix a Keyboard That Has the Wrong Characters Step 2.jpg 

3. Klik tab Languages, lalu tekan tombol Details. Pilih English (US) dari daftar bahasa di menu "Default Input language". Untuk keyboard, pilihlah English (US) juga. Setelah itu, klik Apply.
Fix a Keyboard That Has the Wrong Characters Step 6.jpg 

4. Sim salabim... Keyboard kamu sembuh!

Kenapa begitu? Karena setiap bahasa datang dengan konfigurasi keyboard yg berbeda, menurut produksi lokal mereka. Otomatis, saat kamu menyetel bahasa berbeda, keyboard kamu akan beralih fungsi mengikuti settingan bahasa itu. Alhasil, akan kacau. Suka atau tidak, nampaknya keyboard yg dijual di Indonesia harus mengikuti settingan English (US). 

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment