Castielus PCus

Reset Password Windows 8

Thursday, August 21, 2014 , Posted by Unknown at 3:36 AM

Sebelumnya saya menurunkan laporan perihal cara mereset password pada Windows 7. Sayangnya, trik itu tidak bisa diterapkan sepenuhnya pada Windows 8 dan Windows 8.1. Berikut saya ajarkan cara reset password Windows 8.

http://www.extremetech.com/wp-content/uploads/2012/12/Login-Screen.jpg
"Tidak! Saya lupa password-nya!"


1. STICKY KEYS (Windows 8)
a. Boot dengan dvd installer Windows 8
b. Tunggu sampai setup file ter-load, Pilih bahasa kamu. Klik Next. Pilih Repair
c. Klik Troubleshoot >> Advanced options. Lalu buka Command Prompt.
d. Ketik: copy c:\windows\system32\sethc.exe c:\  lalu tekan Enter
e. Ketik: copy /y c:\windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\sethc.exe lalu tekan Enter
f. Reboot sampai muncul halaman login. Tekan tombol Shift 5x agar Command Prompt muncul
g. Ketik: net user username password. Nah, saat mengetik, ganti username dan password dengan username/password kamu sendiri.
h. Matikan Command Prompt. Login dengan username & password yg baru saja kamu buat. Jangan lupa merestorasi fungsi asli Sticky Keys dengan mengikuti langkah restorasi dalam artikel Reset Password Windows 7.
Windows 8 Advanced Startup Options (ASO) screen
Tampilan repair Windows 8

2. SOFTWARE RESET
Jika kamu tidak punya dvd installer Windows 8, kamu bisa memakai program reset seperti Offline NT Password And Registry Editor. Tapi sebelum kamu bisa nge-boot dengan program reset dari perusahaan lain, pastikan kamu mematikan sementara fitur Secure Boot dan UEFI. Caranya?
a. Tekan terus tombol Shift sembari me-restart Windows 8.
b. Saat menu Advanced Startup Options terbuka, klik Troubleshoot >> Advanced Options >> UEFI Firmware Settings. Namanya mungkin agak berbeda, tergantung produsen komputer seperti Compatibility Support Module (CSM) atau Legacy Boot Mode.
c. Saat program reset di-boot dan kamu sukses mengganti password, pastikan kamu menyalakan kembali fitur Secure Boot dan UEFI.


3. MICROSOFT ACCOUNT
Jika kamu memiliki akun Windows 8 yang berbasis Microsoft, kamu bisa gunakan online form untuk mereset password. Kamu bisa mengkases formulir itu dari komputer lain, bahkan dari smartphone dan tablet.
Microsoft account password recovery
Isi formulir ini


Reset akan lebih mudah jika kamu sudah menyertakan alamat email dan nomor telpon seluler kamu dalam akun Microsoft kamu. Formulir online akan menampilkan alamt email dan nomor kamu secara separuh. Tugas kamu adalah melengkapinya. Lalu pilih, lewat mana, kamu ingin dikirimkan password itu. Jika kamu tidak punya akses menuju email dan nomor telpon seluler karena berbagai sebab, kamu bisa menjawab pertanyaan keamanan, Jika jawabanmu benar, Microsoft akan menolongmu membuat password baru. 
Microsoft account password recovery questionnaire
Formulir... lagi....
Setelah kamu sukses mereset password secara online, kamu bisa gunakan password baru itu untuk login ke dalam akun Windows 8 kamu. Komputer kamu wajib terhubung ke internet agar password lama bisa diganti!


JANGAN SAMPAI LUPA LAGI
******************************
Sekarang kamu berhasil mendapatkan akses masuk ke dalam Windows 8. Takut lupa lagi? Takut terkunci lagi? Cobalah metode alternatif, seperti PIN atau password gambar. Metode ini sebenarnya mirip dengan metode password-reset disc dari Windows 7.
 Windows 8 password settings screen

Jika akun Windows 8 kamu bersifat lokal, password berupa PIN dan/atau gambar itu disimpan di flash disk. Caranya adalah dengan mengakses Control Panel, lalu masuk ke User Account.Di tampilan menu, kamu bebas memilih file gambar dan/atau PIN yang akan dipakai untuk masuk ke dalam akun.

Jika akun Windows 8 kamu berbasiskan online, kamu bisa meminta recovery code dari Microsoft. Simpan kode itu. Jika kamu terlunci dari akun kamu, kamu bisa masukkan recovery code itu. Kode ini bisa diminta di situs Microsoft security settings .

Currently have 2 comments:

  1. Unknown says:

    windows 7 juga bisa min dibuat seperti itu? Website Gratis

  1. Unknown says:

    @Angelina: kalo untuk Windows7 tidak bisa. Ada caranya tersendiri yg berbeda jauh.

Leave a Reply

Post a Comment