Castielus PCus

Reset Password Windows 7

Thursday, August 21, 2014 , Posted by Unknown at 2:43 AM

Akun Windows sengaja dilengkapi dengan opsi password bagi mereka yang mengutamakan privasi dan keamanan data. Tapi password bisa menjadi senjata-makan-tuan saat password itu dibuat terlalu rumit sehingga si pengguna tidak mampu mengingatnya. Dalam kasus lain, pengguna terkunci dari Windows sendiri karena diambil alih akun ASP.NET Machine Account. Lantas bagaimana cara me-reset password akun Windows ???

http://technovally.com/wp-content/uploads/2013/01/Snap11-1024x561.png
"Waduh... Password saya apa yach?"
Ada beberapa solusi yang bisa ditempuh:

1. PASSWORD-RESET DISK
Begitu Windows baru terinstall, pastikan kamu segeral mencipta password-reset disc! Opsi ini bisa diakses lewat Control Panel >> User Accounts >> Create A Password Reset Disc (opsi di kolom kiri). Meski namanya adalah disc tapi kamu bisa memakai media penyimpanan USB seperti flash disk. Password-reset ini berfungsi bagaikan kunci. Jika kamu lupa password, masukkan disk ini maka kamu bebas mereset password akun Windows. Metode ini paling gampang dan paling murah (gratis). Berhubung disk ini mudah disalahgunakan, simpan baik-baik.


2. SOFTWARE RESET
Jika kamu tidak sempat membuat Password-Reset Disc, kamu terpaksa memakai software reset buatan perusahaan lain. Tersedia bermacam-macam merek, mulai dari gratisan hingga berbayar. Beberapa di antaranya: Windows Password Unlocker, Windows Password Reset Deluxe, Windows Password Rescuer, Password Recovery Bundle, Ophcrack, Offline NT Password And Registry Editor.

3.  STICKY KEYS (Windows 7)
Jika kamu punya dvd installer Windows, kamu bisa memakainya untuk mereset password. Cara ini lebih rumit tapi bisa menjadi opsi gratis. Sticky Keys adalah fitur akses yang memungkinkan pengguna untuk mengklik tombol Shift, Ctrl, Alt, Windows sekali saja yang fungsinya sama saja dengan menekan tombol itu terus-menerus. Secara default, menekan tombol Shift 5 kali berurutan akan memunculkan menu Sticky Keys tapi cara di bawah akan memaksa kombinasi Shift 5x untuk membuka Command Prompt.

PERINGATAN: Mereset password Windows dengan Sticky Keys bisa memutus akses ke file-file yang kamu enkripsi dengan program bawaan Windows: Encrypting File System (EFS). Segala macam password dalam Internet Explorer akan hilang. 

a. Boot komputer kamu dengan dvd installer Windows. Tunggu sampai setup file selesai di-load. Lalu pilih bahasa kamu dan klik Next.

b. Klik Repair your computer
c. Pilih Windows yang mau diperbaiki. Pastikan kamu memperhatikan huruf drive tempat Windows itu diinstall. Biasanya sih drive C atau D. Klik Next.
d. Klik Command Prompt di daftar recovery tools.
e. Ketik: copy c:\windows\system32\sethc.exe c:\ lalu tekan Enter.
f. Ketik: copy /y c:\windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\sethc.exe lalu tekan Enter.
g. Reboot. Saat tiba di halaman login, klik tombol Shift 5x. Command Prompt akan muncul.
h. Ketik: net user username password. Saat mengetik, pastikan kamu mengganti username dengan nama user baru dan password dengan password baru.
i. Tutup Command Prompt. Coba login dengan username dan password yang baru saja kamu buat.

Jangan lupa untuk merestorasi fungsi Sticky Keys karena jika dibiarkan bisa saja dimanfaatkan oleh ornag lain yang paham komputer.
a. Ikuti langkah di atas dari a-d.
b. Saat Command Prompt terbuka, ketik: copy /y c:\sethc.exe c:\windows\system32\sethc.exe lalu tekan Enter.
c. Reboot komputer kamu.


NB: Jika Windows yang kamu pakai adalah Windows 8, ikuti langkah-langkahnya di Reset Password Windows 8.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment