Castielus PCus

Windows Dibajak ASP.NET Machine Account ???

Thursday, August 21, 2014 , Posted by Unknown at 1:25 AM

Suatu hari kamu menginstall sebuah program lalu mendadak akun admin Windows kamu diturunkan pangkatnya dan dikunci oleh akun baru bernama ASP.NET Machine Account. Segala aktivitas komputer dihadang oleh akun ASP ini dan kamu dipaksa mengetikkan password yang kamu sendiri tidak tahu. Apa yang terjadi? Apakah komputer kamu terinfeksi ransomware? Tidak juga. Kekacauan ini terjadi karena kamu menginstall NET Framework 1.1.

http://www.elperfecto.com/wp-content/uploads/ASP-NET-Machine-Account.jpg
"Hah? Sejak kapan saya buat akun ASP.NET?"
Beberapa software lama memang dibangun berdasarkan arsitektur NET 1.1. Tapi format NET versi jadul ini, saat diinstall, akan selalu menyertakan akun Windows ASP.NET Machine Account. Masalahnya, akun ASP ini dilindungi dengan password yang acak sehingga kamu tidak akan bisa menebaknya. Sebisanya, HINDARI menginstall NET jadul ini. Tapi kalo kamu sudah telanjur dan kini terkunci dari Windows sendiri, ikuti langkah-langkah berikut:


1. SYSTEM RESTORE
Cara termudah adalah dengan me-restore Windows ke point di mana kamu belum menginstall NET 1.1. Perlu diingat bahwa System Restore ini aman karena tidak menghapus data tapi semua program dan setting yang dibuat setelah point itu akan hilang.
a.  Tekan tombol Start Windows lalu Letik: rstrui.exe pada kolom Run/Search
b. Saat halaman restore muncul, klik Next
c. Pilih point restore sebelum penginstallan NET 1.1.
d. Windows kamu kini di-restore ke point itu. Tunggu sampai proses restore selesai

2. BUAT USER ACCOUNT BARU
Cara lain adalah dengan menciptakan akun baru lewat Control Panel >> User Account. Pastikan akun baru itu berstatus Admin. Setelah tercipta akun baru, log out dan kemudian login kembali dengan akun baru itu. Pastikan akun ASP.NET dihapus dan NET 1.1. di-uninstall secepatnya.

3. RESET AKUN WINDOWS
Secara default, akun ASP.NET berstatus Guest. Tapi dalam kasus tertentu, akun ASP malah berstatus Admin sehingga proses restore dan pembuatan akun baru tidak bisa terlaksana karena kamu akan selalu dihadang dengan permintaan password. Jika skenario ini terjadi pada kamu, tak ada cara lain selain me-reset password akun Windows.


NB: Cara reset akan saya ajarkan di artikel berikutnya karena topiknya terlalu panjang. Kalo kamu menggunakan Windows 7, baca Reset Password Windows 7. Jika kamu memakai Windows 8, ikuti langkahnya dalam artikel Reset Password Windows 8.



Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment