Castielus PCus

Disk Boot Error

Sunday, August 31, 2014 , Posted by Unknown at 10:58 PM

Pada suatu hari, kamu menyalakan komputer kamu dengan gembira. Tapi mendadak, komputer kamu tidak bisa nge-boot dan malah menampilkan Disk Boot Error. Apa yang terjadi? Jangan panik dulu. Coba ikuti solusi di bawah ini.

http://defoult.ru/wp-content/uploads/2009/12/boot_disk_failure.jpg
Gak bisa nge-boot?

Ada beberapa penyebab kenapa error ini terjadi. Tergantung penyebabnya, solusinya beragam:
1. Urutan boot dalam BIOS ngaco
Biasanya, urutan Boot Priority dalam BIOS yang pertama adalah hard disk internal. Tapi kadang, urutan ini ngaco karena pernah diotak-atik. Jadi langkah pertama adalah masuk ke BIOS dan cek urutannya.

2. Masalah harddisk
Jika urutan pertama memang harddisk internal, maka kemungkinan besar, harddisk itu bermasalah. Pastikan kabel harddisk sudah tertancap dengan benar dan tidak longgar. Jika kabel tidak longgar, maka bisa dipastikan harddisk kamu rusak (mungkin bad sector). Kalo ini masalahnya, coba ganti dengan harddisk lain (yang memiliki Windows atau OS lain)
3. Kabel rusak
Jika penggantian harddisk tidak membawa hasil, maka cek lagi kabelnya. Pastikan kabel tidak sobek atau rusak secara fisik. Bisa juga dicoba dengan mengganti kabel.

4. Batere BIOS harus diganti
Batere BIOS yang sudah habis dayanya bisa menimbulkan error ini. Tak ada salahnya untuk menggantinya. Cari batere berbentuk bundar dalam motherboard lalu cabut dan ganti dengan yang baru.

5. RAM berulah
Jika langkah 1-4 tetap tidak membawa hasil, maka kamu boleh mencurigai RAM. Cabut kepingan RAM kamu dan bersihkan perlahan dengan kain. Boleh juga kamu mencoba memakai penghapus karet untuk membersihkan bagian ujung keping RAM yang biasanya tercolok ke dalam slot motherboard. Setelah RAM bersih, masukkan kembali ke dalam slot. Pastikan RAM terpasang kencang. Reboot komputer kamu.


TETAP ERROR ???
*****************
Disk Boot Error biasanya disebabkan oleh harddisk rusak atau boot priority yang kacau. Tapi jika solusi 1-5 tetap gagal, artinya ada kerusakan parah yang harus ditangangi ahli hardware. Kemungkinan besar, ada komponen yang harus diganti. Bawa secepatnya ke tukang servis terdekat.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment