Castielus PCus

Virus Komputer Kini Menyebar Lewat UDARA

Monday, March 17, 2014 , Posted by Unknown at 3:22 AM

Mungkin terdengar seperti kisah scifi, tapi kini virus komputer sudah bisa menyebar lewat udara, seperti virus flu. Tepatnya lewat jaringan wifi! Kenapa wifi? Karena Access point Wifi selama ini dikenal sangat lemah dikarenakan sering dijalankan tanpa password dan/atau enkripsi. Kemungkinan lain, wifi dijalankan dengan password default produsen sehingga mudah ditebak hacker.

http://thumbs.dreamstime.com/z/cartoon-virus-germ-bacteria-3234479.jpg
"Halo, saya virus Wifi. Senang berkenalan dengan komputer kamu."

Universitas Liverpool jurusan Komputer Sains dan Kelistrikan mendisain virus bernama Chameleon. Virus ini diakui sebagai virus Wifi yang pertama! Virus ini bergerak melompat-lompat dari satu access point wifi ke access point lain.


Sama seperti virus penyakit, virus Wifi menyebar tak terkendali dalam komunitas ramai seperti kota besar. Virus ini termasuk pintar karena mampu bergerak tanpa terdeteksi dan mampu mencari sasaran access point Wifi yang tidak terproteksi. Dari segi kerusakan, virus Wifi tidak merusak melainkan mencuri data semua pengguna yang terhubung ke Wifi itu. Virus Wifi sulit dibasmi oleh anti virus biasa karena cara kerja anti virus biasa adalah dengan melakukan scan pada komputer pengguna dan internet saja, bukan pada jaringan Wifi.

Cara melindungi diri dari virus Wifi mudah saja: pasang password pada jaringan Wifi! Kelemahan virus ini adalah tidak mampu membobol jaringan Wifi yang terproteksi password unik. Jika virus ini menemui Wifi yang dijaga password, virus ini akan mencari sasaran lain. Tapi bukan tidak mungkin, kelak akan dikembangkan virus Wifi yang lebih ganas lagi. 


SOLUSI PEMBASMIAN
*************************
Virus Wifi masih tergolong virus baru sehingga anti virus masih tidak berdaya. tapi seorang member KasKus melaporkan bahwa jaringan Wifinya terjangkiti virus yang mendireksi semua lalulintas internet pada situs Flash player palsu.

Satu-satunya cara untuk menangkal virus Wifi sudah saya sebut di atas. Sementara cara pembasmiannya tergolong mudah: hapus jaringan Wifi bermasalah dari daftar network komputer kamu!  Lalu buat jaringan baru.


Currently have 1 comments:

  1. Unknown says:

    Gan solusinya kasih lebih rinci dong. Ane kena virus ini juga nih:(

Leave a Reply

Post a Comment