Castielus PCus

RAM Terbaca Sebagian Saja

Thursday, March 20, 2014 , Posted by Unknown at 10:05 PM

Masalah RAM yang terbaca sebagian mungkin menimpa banyak orang awam. Misalnya saja RAM 4GB tapi cuma terbaca 2,99 GB saja atau 2,66 GB. Ada pula cuma terbaca 3,5 GB. Apakah ada kerusakan? Tidak juga. Simak jawabannya di bawah.


RAM cuma terbaca sebagian dikarenakan adanya keterbatasan hardware. Sistem hardware harus mampu mensupport LEBIH DARI 4GB address space dan memiliki fitur memory remapping/hoisting.

Misalnya saja: Intel 945 chipset bisa membaca DRAM 4GB tapi BIOS tak bisa mengekspos seluruh 4GB pada Windows krn chipset terbatas pada maksimum 4GB address space dan tidak bisa lakukan memory remapping. Memory yg hilang disimpan untuk membantu hardware kamu berfungsi, oleh sebab itu tidak dihitung ke dalam jumlah RAM.

Kamu bisa saja mencoba lakukan update BIOS tapi cara ini cuma mampu menambah beberapa ratus MB saja. Solusi satu-satunya adalah upgrade motherboard dengan chip yg mendukung lebih dari 4GB. Dan gunakan juga Windows 64 bit (karena Windows 32 bit hanya mampu membaca 3,5 GB maksimal).


KASUS SERUPA PADA LAPTOP
******************************
Masalah ini juga dialami pemakai laptop. Contohnya, laptop HP 1000. 2GB RAM tapi usable-nya hanya 929MB. Laptop tidak bermasalah. Masalah terletak pada motherboard: tidak punya VGA card khusus. VGA yg ada adalah versi onboard/integrated. Otomatis, untuk menyalakan sumberdaya grafis, RAM disedot sebagian. Besaran RAM yg disedot tergantung grafis yg dibutuhkan. Kalo kamu main game, pasti disedot banyak. Tapi jumlah RAM juga dipengaruhi cara kerja chip. Intel misalnya mereservasi 1024 RAM - 1GB untuk menjalankan vga integrated.

Sebenarnya, kalo RAM diupgrade, harusnya menyelesaikan masalah. Tapi kalau Windows kamu 32bit, mungkin terkendala versi bit juga. Pemilik laptop HP 1000 di forum HP mengaku saat dia memasang windows 64bit, usable RAM naik jadi 1,9GB.

Solusinya:
1. Ganti Windows 64bit
2. Atau ganti laptop yg punya VGA card tersendiri

Currently have 4 comments:

  1. Unknown says:

    terus bagai mana solusinya agar , laptop HP 1000.dgn RAM 2GB ini bisa ditambah hingga 4GB

  1. Unknown says:

    @Asep: HP 1000 tidak punya vga sendiri, jadi RAM kamu dipotong untuk menyokong keperluan grafis. Berhubung notebook tak bisa diupgrade vga-nya, kamu cuma bisa upgrade RAM saja. Lakukan di toko tempat kamu membeli agar tidak terjadi kesalahan upgrade.

    Jika notebook kamu 64bit, saya sarankan kamu install windows 64bit agar total 4GB bisa dipakai. Kalo tetap memakai windows 32bit, hanya bisa terpakai 3,5GB saja.

    Solusi lain tentunya adalah menabung untuk membeli laptop dng vga tersendiri...

  1. Rama says:

    gan punya saya ram 4gb pake windows 7 64bit tp knp usable-nya cuma 1.6 gb ya?

  1. Unknown says:

    @Ramdhani: Kasus begini paling banyak terjadi krn komputer tak punya VGA card sendiri. Jadi RAM terpaksa dibagi. Kalo kamu memakai laptop, bisa jadi ini masalahnya. Untuk laptop tak ada solusinya krn vga card laptop tak bisa diganti/upgrade.

Leave a Reply

Post a Comment