Castielus PCus

Membuat Bootable Flash Disk

Friday, June 13, 2014 , Posted by Unknown at 12:37 AM

Instalasi Windows kadang sangat problematik bagi mereka yang tidak memiliki DVD-ROM. Untungnya file instalasi bisa dimasukkan ke dalam flashdisk. Masalahnya, untuk menginstall, komputer harus nge-boot dari flashdisk. Tanpa perintah/setting yang tepat, instalasi akan gagal. Lantas bagaimana donk? Untungnya, kamu tidak perlu menjadi programmer jenius untuk mengatasi masalah ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh71UFDf80RXhHNaU-UDMTMJmCInYTHuu-C3YCvyMowQ0Hq5QnHWMBHzQgoiX1chqEoFkHcqpE4DYUCDoEslFA7JIRV4TMBr7bCmgA6oTd7aOZ8F9TDzT2ZIsgLPGlYpaW3mPm-NT0Mem0/s320/Cara_Membuat_Flash_Disk_Bootable_Untuk_Instal_Windows_di_Notebook,_Laptop_dan_PC.jpg

Cukup gunakan software bernama Rufus. Cara pembuatan flashdisk bootable pun sangat mudah. Dan Rufus cocok digunakan untuk hampir segala jenis merek flashdisk, bahkan juga memory card. Berikut cara pembuatan flashdisk bootable:

1. Download Rufus
2. Jalankan Rufus
3. Pilih drive yang memuat flashdisk kamu
4. Pilih file ISO installer Windows dengan mengklik tombol CD di samping gambar ISO
5. Ikuti setting seperti yang tergambar dalam screenshoot di bawah!

6. Tekan Start dan tunggu sampai pesan "Done" muncul.
7. Flashdisk bootable siap digunakan.

CATATAN: Flashdisk yang akan dipakai untuk keperluan nge-boot haruslah flashdisk kosong karena Rufus akan melakukan FORMAT. Jadi kalo flashdisk yang dipakai ada siinya, sudah pasti datanya akan hilang!!!

Currently have 1 comments:

  1. Anonymous says:

    mantap om infonya

Leave a Reply

Post a Comment