Castielus PCus

Tips Memperbaiki Komputer Nyala Mati Sendiri

Thursday, June 12, 2014 , Posted by Unknown at 9:14 PM

Jika komputer kamu mati sendiri terus-menerus sesaat setelah menyala, berarti ada yang salah. Berhubung masalah komputer itu sangat rumit, penyebabnya hanya bisa ditemukan setelah kita mengecek semua kemungkinannya. Jika hal ini terjadi pada kamu, ada beberapa langkah yang bisa dicoba:
Click image for larger version. 

Name: dead-computer-5627094.jpg 
Views: 0 
Size: 55.4 KB 
ID: 109583

1. Setiap kali komputer menyala, pasti ada satu bunyi beep yang menandakan bahwa komputer kamu dalam keadaan sehat. Tapi saat masalah timbul, komputer akan mengeluarkan berbagai bunyi seperti Morse Code. Ada bunyi pendek dan bunyi panjang yang dikombinasikan. Tergantung bunyinya, tiap bunyi menandakan satu masalah spesifik. Jika komputer kamu mengeluarkan lebih dari satu beep, catat dan selidiki makna beep itu. Pastikan kamu mengetahui merek BIOS motherboard kamu karena tiap perusahaan BIOS mempunyai seperangkat makna beep yang berbeda dengan perusahaan lain (meski bunyinya sama persis).

2. Power supply selalu datang dengan tombol voltase di bagian belakang. Pastikan voltase PSU sudah diset sesuai dengan voltase di Indonesia.

3. Perhatikan isi CPU kamu. Adakah bagian yang konslet? Misalnya, cek kondisi kabelnya. Konslet adalah penyebab utama komputer tak bisa dihidupkan tapi seringkali luput dari pengamatan sehingga buntutnya kamu harus mengeluarkan biaya besar untuk mengganti hardware yang sebenarnya tidak rusak.

4. Power supply murahan sering menjadi penyebab nomor satu. Pilihlah power supply yang agak mahal. Anggap saja investasi. Masalah listrik, jangan main-main. Perlu diingat, PSU murahan seringkali menipu konsumen dalam hal jumlah watt yang ditawarkan. PSU murahan 400 Watt bisa saja hanya berisi 300 Watt misalnya. Tidak ada salahnya mengganti PSU jika kamu mencurigai komponen ini.

5. Cek tombol power komputer. Tombol ini seringkali bermasalah. Jika tombol itu tak mampu menahan aliran listrik, alhasil komputer akan mati sendiri. Jika tombol itu rusak, diganti saja.

6. Jika komputer kamu tersambung dengan peralatan tambahan (printer, HDD eksternal, dll), cabut semua peralatan itu dan coba nyalakan hanya dengan komponen hardware utama.

7. Bongkar pasang isi CPU bisa saja membantu. Mungkin ada kabel atau komponen longgar. Setelah dipasang ulang, tentu akan mengeliminasi kemungkinan itu.

8. Jika langkah nomor 7 gagal, bisa jadi ada komponen yang bermasalah. Bongkar lagi semua komponen. Lalu pasang kembali SATU-PERSATU sambil dites dalam kondisi menyala. Jika satu komponen mendadak menyebabkan komputer mati, berarti dialah biangnya.

9. Jika ada hardware cadangan (tapi harus sebanding), bisa dicoba untuk mengeliminasi kemungkinan rusaknya hardware itu. Kalo tak punya hardware cadangan, kamu bisa pinjam hardware milik teman.

10. Jika semua langkah di atas gagal, sudah jelas masalah kamu lebih gawat dan hanya teknisi yang bisa menolong. Jadi bawa secepatnya ke service center terdekat.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment