Castielus PCus

Laptop Nyala Tapi Monitor Mati?

Sunday, March 16, 2014 , Posted by Unknown at 11:57 PM

Bagi para pemakai laptop, pernahkah kalian mengalami masalah ketika laptop kamu mendadak gelap saat dinyalakan. Laptop kamu bekerja tapi layar tetap hitam. Baca artikel ini untuk mengetahui solusinya.
Jika masalah terjadi pada komputer desktop alias PC, baca artikel berikut: http://castielus.blogspot.com/2014/03/monitor-kosong-dan-tak-ada-bunyi-beep.html

http://irosit.ro/wp-content/uploads/2012/02/laptopbad.jpg
"Laptop gue mati! TIDDAAKKK!!!"

1. PAKAI MONITOR EKSTERNAL
Ini adalah langkah pertama yangwajib dilakukan. Hal ini untuk mengecek apakah monitor laptop kamu masih hidup ataukah sudah mati. Sambungkan laptop pada monitor eksternal dan lihat apakah ada gambar yang keluar? Kalau ada gambarnya, artinya bukan motherboard laptop yang rusak.


Jika monitor eksternal tetap kosong, pastikan kabelnya sudah tercolok dengan benar. Dan pastikan kamu sudah menekan kombinasi tuts yang benar untuk memindahkan sinyal output laptop pada monitor eksternal. Kombinasi tuts itu biasanya adalah Fn+F1 atau dengan F2, F3, dst.

Jika semua tidak mempan, maka matikan laptop lalu tekan keyboard sambil menyalakan laptop itu lagi. Terkadang, hubungan antara laptop dan GPU (Graphical Processing Unit) longgar. Kalau ditekan seperti itu saat dinyalakan, bisa membantu. Kalau cara ini berhasil, kamu tahu bahwa laptop kamu harus diservis karena ada yang longgar.


2. PERIKSA LCD LAPTOP
Kalau monitor eksternal menampilkan gambar, kini kamu harus menentukan apakah layar LCD rusak ataukah inverter-nya. Inverter adalah papan induk mini yang mengendalikan voltase yang dikirim ke backlight (komponen yang menyalakan monitor). Jika inverter rusak, maka takkan ada listrik yang mengaliri LCD. Servis inverter lebih mudah. Tapi jika backlight yang rusak, memperbaikinya lebih sulit. Untuk mengetes LCD, nyalakan senter pada LCD. Jika kamu melihat bayangan gambar, artinya LCD harus diganti. Jika tak ada bayangan sama sekali, artinya inverter yang rusak.

Tak peduli apakah inverter atau LCD yang rusak, kamu harus mengganti komponennya. Dan untuk itu, kamu wajib menyerahkannya pada teknisi karena butuh pengalaman dan keahlian untuk melakukannya.

Currently have 12 comments:

  1. Unknown says:

    Bisa nyala tapi harus tekan tombol keyboard, berarti yang longgar apanya?

  1. Unknown says:

    Bisa jadi karena hubungan laptop dan GPU longgar. Karena laptop itu kan sebenarnya terbagi dua: monitor dan keyboard/body. Monitor nyala krn terhubung ke body. Kalo keyboard harus ditekan terus, artinya ada sambungan yg longgar. Harus bawa servis.

  1. Unknown says:

    Gan mesinya nyala tapi monitor laptop mati.udah pake monitor external hasil nya ada garis garis warna warni gitu di monitornya.itu kenapa yah? Mohon di jawab

  1. Unknown says:

    Bro udah pake monitor external tapi hasilnya malah ada garis warna warni gitu di monitornya.yang itu kenapa yah?


  1. Unknown says:

    jika dicolokan ke monitor eksternal, layar monitor laptop menyala dan monitor eksternal pun menyala. (dua2 nya)

  1. Unknown says:

    @Primanda: Kalo kamu yakin bahwa monitor external kamu baik2 saja, maka kemungkinan ada masalah dengan vga card kamu. Coba bawa servis, minta dicek.

    @Yedi: Kalo monitor laptop masih menyala, artinya tidak bermasalah. Yg saya ingin tahu, saat monitor eksternal dicabut, apakah layar laptop tetap menyala?

  1. saiko-raito says:

    tolong gan, ane dah coba cara agan... :
    - Colok monitor external nyala tapi blank..
    - cek kable vganya,masih ok.. teken kombinasi FN key.. tetep ga respond
    - pas booting kedengeran suara windows login..ane senter layar tetep blank...begitu ane coba kombinasi FN key baru deh layarnya keliatan gambar pas disenter
    -coba masuk bios teken kombinasi fn... layar idup normal lagi..
    bingung gan... tolong bantuannya

  1. Unknown says:

    laptop saya jatuh bersama tasnya. saya coba nyalakan lalu laptop (dan layar) menyala sampai bagian loading windows. namun selanjutnya layar gelap dlm kondisi masih menyala. itu kira2 kenapa dan biaya memperbaikinya kira2 berapa?

  1. Unknown says:

    keyboard yg ditekan bisa tombol apa aja nih gan?

  1. Unknown says:

    @saiko: Error ini terus2an ya? kalo begitu, wajib bawa ke service center. Jangan ditunda. Takutnya kerusakannya nanti menyebar ke motherboard. Salahnya di mana, saya tidak tahu karena harus dibongkar semua baru ketahuan.

    @Vina: Bisa dipastikan sambungan layar lcd ke bagian utama laptop terputus atau longgar. Biasanya sih inverter. Tp bisa jadi ada beberapa bagian lain yg ikut rusak, hanya ketahuan jika dibongkar. Untuk harga, sulit karena saya tidak tahu bagian apa yg rusak. Saya sarankan bawa ke pusat service yg sesuai dng merek laptop kamu.

    @Herz: Biasanya sih Fn+F1. Kalo gak mempan, coba Fn+F2, dan seterusnya. Kenapa begitu? Krn tiap produsen laptop membuat kombinasi yang berbeda.

  1. Unknown says:

    laptop saya tadinya kena BSOD terus2an restart, terus saya coba googling dan ikutin petunjuk disalah satu blog pake cara tekan F8 terus tekan disable automatic restart on system failure. eh malah sekarang monitornya ga nyala, padahal power & keyboard nyala, kira2 kenapa ya gan? thanks

  1. Unknown says:

    @karim: BSOD sebenarnya bisa diatasi dengan mencari referensi kode errornya. Saya tidak tahu error apa yg diderita laptop kamu dan cara kamu menekan tombol F8 terus, tapi besar kemungkinan ada sesuatu yg terguncang/lepas. Secepatnya bawa servis. Takutnya ada masalah fisik.

Leave a Reply

Post a Comment