Castielus PCus

Atasi Masalah Write-Protect

Wednesday, April 2, 2014 , Posted by Unknown at 2:12 AM

Fitur write-protect sudah mulai dikenal sejak diluncurkannya floppy disk. Kala itu, fitur itu diperuntukkan untuk pengamanan data dari penghapusan dan editan. Seiring dengan kemajuan zaman, fitur itu mulai terlupakan tapi memorycard masih membawa fitur itu. Bahkan beberapa flashdisk juga dibuat dengan fitur write protect. Produsen memory card, flash disk, hard disk yang sengaja merancang barangnya dengan fitur write-protect, pasti memasang switch yang bisa didorong naik turun untuk mengganti status: write-protect dan not-write-protect. Masalahnya, kadang ada storage device yang tidak membawa fitur itu tapi mendadak terkunci karena suatu hal. Jangan cemas! Saya punya solusinya.

http://blog.card-data-recovery.com/wp-content/uploads/2013/07/images.jpg
Write-protect ???

ADAKAH SWITCH WRITE-PROTECT ???
******************************************
Sebelum panik, coba perhatikan memory card, flash disk, hard disk kamu dulu. Adakah switch kecil yang luput dari pengamatan kamu? Kalo ada, coba didorong ke arah lain dan coba lagi device kamu.
http://subhishine.freehostia.com/shine/files/flashdisk-write-protect.jpg
Flashdisk dengan write-protect

GUNAKAN COMMAND PROMPT
**********************************
Jika device kamu tidak membawa switch apapun tapi tetap terkunci dengan notifikasi write-protect, Command Prompt bisa menolong. Akses Command Prompt dengan mengetikkan "cmd" pada kolom Search setelah menekan tombol Start. Pastikan program cmd.exe dijalankan dengan mode Run As Administrator. Lalu ketikkan perintah berikut dalam jendela Command Prompt: 

diskpart
list volume
select volume x      
(x= volume flashdisk/memorycard/hard disk kamu)
attributes disk clear readonly
attributes volume clear readonly


Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment