Castielus PCus

USB 3.0 vs USB 2.0

Sunday, April 27, 2014 , Posted by Unknown at 9:54 PM

Kita semua suka USB port karena hampir semua peralatan komputer tersambung melalui port ini. Saat ini, semua komputer terpasang dengan USB 2.0 tapi zaman terus berkembang dan kini lahir USB 3.0. Mungkin ada yang bertanya, apa perbedaan USB 3.0 dengan USB 2.0 ??? Simak artikel di bawah.

http://blog.tinydeal.com/wp-content/uploads/2013/03/079-01.jpg
Pilih mana, hayo?

USB sendiri adalah singkatan dari Universal Serial Bus dan merupakan protokol standar industri komputer untuk konektor dan kabel. USB memungkinkan terjadinya komunikasi antara komputer dan peralatan eksternal seperti printer, hard disk, smart phone, dll. USB sudah dipakai selama hampir 20 tahun tapi versi 3.0 baru diperkenalkan tahun 2008. USB port terdaftar dalam Device Manager milik Windows, tepatnya di area Universal Serial Bus Controllers. Saat kamu expand pilihan itum akan muncul Enhanced Host (USB 2.0) dan USB 3.0.


Berikut kelebihan USB 3.0:
* USB 3.0 10x lebih cepat. Kecepatan USB 2.0 terbatasi di angka 480 Megabit/detik. Sementara USB 3.0 bisa mencapai kecepatan transfer sebesar 4.8 Gigabit/detik.
* Daya charge USB 3.0 lebih besar dan lebih cepat. USB 2.0 menyediakan daya sebesar 500 mA, sedangkan USB 3.0 mampu menyediakan 900 mA. Hebatnya, USB 3.0 juga sanggup memotong daya jika alat USB yang di-charge sudah penuh atau sedang dalam keadaan idle.
* Transfer data transfer dua arah. USB biasanya hanya mampu mengirim atau menerima data saja. Tapi USB 3.0 merubah konsep itu. Kini pengguna bisa mengirim dan menerima data pada saat yang sama.
* Bisa dipakai pada USB port lama. Semua peralatan USB 3.0 bisa dipasangkan ke port USB 2.0 dengan kabel USB 2.0 tapi kecepatan transfernya disesuaikan dengan kecepatan USB 2.0. TAPI kabel USB 3.0 TIDAK bisa dipasangkan ke perlaatan USB 2.0 !!!

Meski sudah lama diedarkan, USB 3.0 masih merupakan peralatan "mewah" yang tidak dimiliki komputer menengah ke bawah. Harga port USB 3.0 tentu lebih mahal. Maka dari itu, hanya kamu yang bisa menjawab apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau tidak. Kalau komputer kamu sudah sangat jadul, tak ada salahnya membeli komputer baru yang sudah siap USB 3.0. Tapi kalau komputer kamu masih tergolong tingkat menengah dan masih bekerja dengan baik, jangan terburu nafsu membeli port USB 3.0.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment