Castielus PCus

Firefox Rakus Memory ???

Friday, April 11, 2014 , Posted by Unknown at 11:15 PM

Broswer modern seperti Firefox dinilai rakus memory oleh sebagian pengguna. Faktanya memang benar begitu. Hal itu dikarenakan Firefox selalu melakukan cache untuk penggunaan di kemudian hari. Tapi gara-gara itu pula, memory menjadi terpotong-potong dan berulangkali direlokasi. Alhasil, pemakaian memory melonjak.

http://freedomhacker.net/wp-content/uploads/2013/03/mozilla_firefox_logo.png
Penggunaan memory Firefox normalnya adalah 100-150MB. Tapi angka ini biasanya lebih tinggi dikarenakan Firefox memang diperbolehkan untuk mengambil memory lebih banyak. Kalau kamu mengalami masalah ini, bisa saja disebabkan ada masalah dengan settingan atau disebabkan kamu membuka halaman yang penuh data (misal: situs foto atau situs game Facebook).


Berikut tips untuk mengurangi konsumi memory Firefox:
1.Menghapus extension dan theme
Ekstension bukan berasal dari Firefox, biasanya didapat karena diinstall pengguna untuk menambah fungsi Firefox. Terlalu banyak extension bisa memberatkan browser. Hal serupa juga terjadi pada theme. Meski Firefox menjadi cantik, semua ditebus dengan konsumi memory.


2. Menghapus plugin
Plugin berbeda dari extension, meski kedua istilah itu sering diputarbalikkan. Contoh plugin adalah Java dan Shockwave. Plugin terus memakan memory sampai Firefox dimatikan.

3. Menghapus/mematikan system extension
System extension adalah extension di luar Firefox, misalnya Windowsblinds (software skin). Saat Windowsblinds berjalan, program itu juga merubah skin Firefox sehingga konsumsi memory Firefox meningkat. Untuk mengatasinya, hapus saja Windowsblinds atau masukkan Firefox dalam daftar pengecualian Windowsblinds agar Firefox tidak di-skin.

4. Menutup situs berat
Situs berat seperti situs foto dan situs game Facebook memperberat kinerja Firefox karena semua elemen situs itu akan disimpan dalam format tanpa kompresi. Hal itu dilakukan agar pengguna bisa membuka situs itu lagi dengan kecepetan yang lebih baik. Tapi hal itu ditebus mahal dengan penggunaan memory! Jika terlalu berat, Firefox bisa tewas mendadak. Batasi lamanya penyimpanan data itu dengan mengedit via About:config --> ubah nilai image.mem.min_discard_timeout_ms menjadi 10000 [10 detik]

5. Ubah setting About:config
Selain editan setting di atas, Firefox bisa dioptimasi dengan mengeset setting berikut:
Preference Max memory freed
browser.cache.memory.capacity ; browser.cache.memory.enable 14MB
browser.sessionhistory.max_total_viewers 20MB

6. Install RAMBack extension
Ada extension bernama RAMBack yang memungkinkan pengguna untuk secara manual melepas memory, terutama dari cache.Alhasil, konsumsi memory Firefox berkurang.

7. Matikan Firefox secara berkala
Konsumsi Firefox memang naik seiring dengan lamanya pemakaian. Hal itu tak bisa dicegah. Jadi ada baiknya Firefox dimatikan dari waktu ke waktu untuk membebaskan memory yang terpakai. Saat Firefox dinyalakan ulang, konsumsi memory-nya akan mulai dari awal lagi.

8. Update versi Firefox terbaru
Firefox versi lama mengalami kebocoran memory. Maksudnya, memory yang tertahan tidak bisa dilepas meski sudah tidak dipakai lagi. Untuk mengatasinya, update Firefox kamu dengan versi terbaru.

9. Nyalakan virtual memory/paging file
Masalah memory Firefox juag disebabkan oleh setting Windows yang salah. Jika Virtual Memory dimatikan atau jika ukuran paging file terlalu kecil, Firefox terpaksa mengatur memory-nya sendiri sehingga membengkak.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment