Castielus PCus

7 Tips Tetap Aman Bersama Windows XP

Thursday, April 10, 2014 , Posted by Unknown at 1:24 AM

Tanggal 8 April 2014 adalah tanggal resmi Microsoft mematikan semua support terhadap Windows XP. Artinya tidak akan ada update, patch, maunpun fix. Alasannya? XP dianggap sudah kuno dan Microsoft ingin memfokuskan perhatiannya pada Windows 8.1.

http://www.informatblog.com/wp-content/uploads/2013/11/xp-virus.jpg

Bagi sebagian pengguna XP yang memiliki komputer jadul, keputusan Microsoft ini dianggap pemaksaan kehendak. Parahnya, mereka tidak bisa melakukan upgrade karena komputer jadul mereka tidak mendukung. Dihentikannya update XP berarti tidak akan ada lagi fix untuk menambal celah keamanan XP. Para hacker bisa dengan leluasa melakukan hack. Lantas, bagaimana cara untuk tetap aman bersama Windows XP? Simak 7 tips berikut:



1. Dapatkan versi terakhir XP
Microsoft merilis patch terakhir untuk XP pada 8 April 2014. Pastikan kamu mendownloadnya karena tidak akan ada lagi patch lainnya. Patch terakhir ini tentu membuat Windows XP lebih aman dibanding dengan Windows XP dengan instalasi baru.

2. Update antivirus kamu
Meski support sudah berakhir, Microsoft masih memberikan batas waktu download Security Essentials hingga Juli 2015. Software ini berbeda dengan patch/fix. Jika kamu ingin keamanan ekstra, disarankan kamu melakukan update definisi pada antivirus kamu. Sebaiknya memilih antivirus berbayar macam Kaspersky, Norton, ESET NOD karena terbukti lebih aman daripada antivirus lainnya.

3. Update browser kamu
Jika kamu masih memakai Internet Explorer 6, disarankan kamu BERHENTI karena browser bawaan itu sudah basi dan penuh celah keamanan. Download browser terbaru macam Firefox, Chrome, dll. Versi terbaru dilengkapi dengan tambalan keamanan sehingga surfing internet menjadi lebih aman.

4. Waspada saat membuka email
Sebagian besar kasus infeksi virus terjadi akibat kecerobohan dalam membuka email. Banyak virus disisipkan dalam bentuk pdf palsu atau file palsu lainnya. Bisa juga dalam bentuk link download. Saat didownload, file itu ternyata berekstensi EXE dan langsung menginfeksi komputer. Jadi jangan sembarangan menekan link atau mendownload meski email itu dari teman kamu sekalipun!

5. Waspada saat ber-Facebook ria
Facebook kini menjadi sasaran empuk para hacker karena jumlah penggunanya meroket. Waspadalah saat membaca pesan di Wall, terutama jika pesan itu memuat berita palsu nan heboh seperti link video Malaysia Airline MH370, tsunami China, korban tewas akibat roller coaster, dll. Virus juga bisa masuk dalam bentuk link yang disertakan dalam chat.

6. Waspada pada external storage
Virus menyebar secara lokal lewat flash disk, hard disk eksternal, DVD. Disarankan untuk selalu melakukan scan sebelum menjalankan program di dalam alat itu.

7. Putus hubungan dengan internet!
Ini bukan solusi humor. Faktanya, virus dewasa ini datang lewat internet (email, Facebook, chatting, dll). Jika komputer jadul kamu diputus dari internet, logikanya hacker tidak bisa masuk! Lantas bagaimana jika kamu ingin mengecek email, ngechat, update status facebook, dll? Lewat HP. Cara ini sangat berguna untuk komputer yang memiliki fungsi tertentu, misalnya komputer kasir.


KIAMAT TELAH TIBA ???
****************************
Sebagian pengguna Windows XP heboh sendiri saat mendengar tanggal 8 April 2014 telah tiba. Bagi mereka, dihentikannya support pada XP setara dengan kiamatnya dunia. Faktanya, kamu tidak perlu ikut-ikutan heboh. Asalkan kamu mengikuit tips saya di atas, kamu dijamin aman bersama XP.

Tidak ada Windows yang abadi. Sebagai info saja, Windows Vista, 7, bahkan Windows 8 sudah memiliki "tanggal kematian" sendiri. Berikut daftar tanggal kematian versi Windows lainnya:
* Windows Vista - 11 April 2017
* Windows 7 - 14 Januari 2020
* Windows 8/8.1 - 10 Januari 2023

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment