Castielus PCus

Error 0xc000007b

Thursday, September 11, 2014 , Posted by Unknown at 12:13 AM

Error yang bertuliskan "The application was unable to start correctly (0xc000007b)" kadang menyapa para pengguna Windows. Error macam ini sering membuat frustrasi karena program tidak bisa berjalan dan si pengguna tidak tahu solusinya. Jika problem ini menimpa kamu, simak artikel ini.

http://msoos.files.wordpress.com/2010/09/0xc000007berror.jpg 

Sesungguhnya,error 0xc000007b diperuntukkan bagi komputer 32 bit yang menjalankan program 64 bit. Berhubung tidak cocok, Windows akan mengeluarkan error itu. Tapi error yang sama, secara aneh, juga muncul dalam komputer 64 bit. Malah bisa juga menimpa program yang dulu sempat berjalan dengan baik tapi mendadak macet karena error ini. Tergantung penyebab spesifiknya, solusinya pun berbeda.


PADA KOMPUTER 32 BIT
*************************
Jika komputer kamu 32 bit, error 0xc000007b menandakan kamu salah menjalankan program. Program yang kamu jalankan itu seharusnya untuk komputer 64 bit. Solusi satu-satunya adalah mencari program yang sama tapi untuk 32 bit. Dewasa ini, program-program datang dalam format 32 bit dan 64 bit sehingga gampang menemukannya. 


PADA KOMPUTER 64 BIT
*************************
Secara teknis, error 0xc000007b seharusnya tidak muncul dalam komputer 64 bit. Tapi pada kenyataannya, hal ini bisa terjadi. Ikuti solusi di bawah secara berurut:
1. Restart. Kadang, error ini hanya glitch. Jadi, restart bisa menyembuhkannya.
2. Jika restart tidak manjur, coba uninstall program yang menampilkan error 0xc000007b dengan Revo Uninstaller. Kemudian, install kembali program itu. Kalo bisa, dengan versi yang lebih baru. Cara ini sangat manjur jika program bermasalah itu sebelumnya sempat berjalan dengan baik di komputer kamu.
3. Jalankan antivirus (disarankan: Kaspersky, Norton, ESET NOD) yang dipadu dengan Malwarebytes Anti Malware untuk melacak keberadaan virus. Virus tercatat bisa membodohi Windows dengan memberinya informasi palsu sehingga error 0xc000007b muncul. Selain itu, virus juga mampu mengacak registry.
4. Jika program bermasalah itu adalah program baru yang belum pernah dijalankan di komputer kamu, pastikan versi bitnya cocok. Dan coba installer lain karena ada kemungkinan installer kamu bermasalah.


SOLUSI LAIN
****************
Error 0xc000007b sering kali muncul karena faktor yang kurang jelas. Oleh karena itu, solusi di atas mungkin tidak akan mempan. Tapi ada beberapa solusi alternatif yang bisa dicoba. Saya tidak menjamin solusi berikut manjur tapi beberapa orang mengaku solusi berikut manjur. Saya rasa, manjur atau tidak, kembali lagi pada penyebab asal.

A. Visual C++
1. Download file instalasi dari http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id...
2. Reboot. Masuk ke Safe Mode (dengan menekan tombol F8 saat boot).
3. Install file Visual C++. Lalu reboot.

B.Windows 8.1
Jika Windows kamu belum diganti dengan 8.1, coba diganti. Ada beberapa member yang mengaku Windows 8.1 lebih manjur mengeliminasi error 0xc000007b.

C. Hapus file
File “msvcp110.dll” dalam folder C:\Windows\SysWOW64 dipakai oleh banyak aplikasi tapi seringkali versi Windows tidak cocok dengan versi aplikasi. Solusinya adalah menghapus file ini dari folder Windows. Saat kamu menjalankan program yang membutuhkan file itu, file baru msvcp110.dll akan dibuat oleh program itu sehingga dijamin cocok.

D. DLL Files Fixer
Saya TIDAK merekomendasi cara ini karena ada resikonya. Tapi beberapa orang mengaku cara ini manjur, jadi saya memutuskan untuk memasukkannya dalam artikel ini. Cukup install program DLL Files Fixer lalu jalankan. Program ini akan melakukan scan dan menambah file DLL bilamana perlu. Setelah itu, restart. 

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment