Castielus PCus

Asus Zenfone 4 VS Nokia Lumia 530

Tuesday, September 23, 2014 , Posted by Unknown at 12:27 AM

Dewasa ini, smartphone dengan harga satu jutaan rupiah sudah bukan barang baru lagi. Tapi dengan banyaknya pilihan, konsumen sering dibuat pusing. Saya akan membedah 2 smartphone murah yang paling menonjol saat ini, yakni Asus Zenfone 4 dan Nokia Lumia 530, seperti yang dilansir majalah Computer Active UK edisi 17 September 2014.

http://www.freewaresquad.com/wp-content/uploads/2014/07/Lumia-530-vs-ASUS-zenfone-4.png
Lumia 530 (kiri) vs Zenfone 4 (kanan)
Perlu diingat, bahwa produsen smartphone harus mengorbankan berbagai fitur agar produk mereka bisa sesuai budget rendah. Jadi, kalau mau jujur, Zenfone 4 dan Lumia 530 kalah jauh bila dibandingkan dengan iPhone 5s, Galaxy S5, dan bahkan Moto G. Tapi jika kalian bisa menerima fakta ini, demi harga murah, maka lanjutkan membaca artikel ini. Dari segi specs and performa, Zenfone 4 dan Lumia 530 bersaing sangat ketat. Tapi siapa yang lebih baik? Berikut review menurut beberapa kategori:


RANGKA DAN BATERE
**************************
Batere kedua smartphone bertahan sekitar 23 jam jika dipakai untuk menelpon, browsing internet, berfoto, GPS, dll. Jika dipakai terus untuk memutar video tanpa henti, keduanya bertahan 8 jam. Ini sudah termasuk waktu yang memuaskan.

Perihal rangka, harga murah ternyata tidak berarti rangkanya rapuh. Rangka keduanya ternyata cukup kokoh. Penutup batere keduanya pun gampang dicopot. Perihal warna rangka belakang, Zenfone 4 datang dalam warna: hitam, putih, merah, biru, kuning. Sedangkan Lumia 530 datang dengan pilihan warna hijau, oranye, putih, abu. Tombol volume Lumia 530 agak susah ditekan karena disain rangkanya yang memang berorientasi miring. Kalau Zenfone 4, tombolnya lebih mudah ditekan.

PEMENANG: Zenfone 4 (meski keduanya sama-sama bagus tapi tombol Zenfone 4 lebih gampang ditekan)


KUALITAS MENELPON
*************************
Yang namanya smartphone tentu tidak terlepas dari bertelpon ria. Kualitas saat menelpon tentu sangat berperan. Secara mengejutkan, suara Lumia 530 tidak jelas. Lumia 530 juga tidak mampu meredam suara-suara latar di jalanan ramai. Sayangnya, Zenfone 4 pun sama saja tapi Zenfone 4 mampu meredam suara latar sehingga saat menelpon, kualitas suara lebih baik jika dibanding Lumia 530.

PEMENANG: Zenfone 4 (karena mampu meredam suara latar saat menelpon).


LAYAR
*********
Kedua smartphone memiliki layar 4 inch sehingga keduanya pas digenggam di tangan. Dari segi resolusi, Lumia 530 unggul tipis dengan 854x480. Zenfone 4 hanya memiliki 800x480. Tapi jika dibandingkan, keduanya nyaris sama.

Layar Lumia 530 agak berpasir sehingga membaca teks lebih sulit karena agak buram. Layar Zenfone 4 tidak memiliki cacat seperti itu. Tapi jika bicara mengenai kualitas warna, keduanya kalah. Jika kedua smartphone dimiringkan sedikit saja, maka warna dalam layar akan berubah drastis. Lumia 530 lebih didominasi warna kekuningan sedangkan Zenfone 4 didominasi warna kebiruan. Layar Lumia 530 lebih terang dibanding Zenfone 4 sehingga lebih mudah dipakai di luar ruangan saat matahari bersinar dengan terik.

PEMENANG: Zenfone 4 (meski keduanya mempunyai layar yang buruk, layar Zenfone 4 lebih mudah ditolerir)


KAMERA
*************
Kamera keduanya sama-sama buruk! Dengan hanya bermodalkan 5 Megapixel saja, hasil foto sangat buruk (nampak berpasir & tidak tajam). Jika foto diambil di dalam ruangan, maka hasilnya lebih buruk lagi (gelap & buram). Keadaan diperparah dengan fakta bahwa keduanya tidak memiliki lampu flash. Jika kamera keduanya hanya dipakai untuk memotret barang di toko (untuk mengingatkan kamu tentang modelnya, harganya, dll), keduanya cocok dipakai. Tapi jika kamu ingin mengabadikan momen khusus, sebaiknya jangan.

PEMENANG: - (keduanya sama-sama buruk!)


PERFORMA & RESPON
**************************
Secara teknis, Lumia 530 memiliki prosesor quad-core 1,2 GHz Snapdragon 200. Zenfone 4 hanya memiliki prosesor Dual Core 1,2 GHz Intel Atom Z250. Seharusnya, Lumia 530 jauh lebih cepat dibanding Zenfone 4. Tapi pada kenyataannya, Lumia hanya sedikit lebih cepat, dibanding Zenfone 4, dalam hal nge-load aplikasi. Dalam hal respon touchscreen, Lumia 530 tergolong sempurna tanpa lag. Sementara itu, respon touchscreen Zenfone 4 lebih lambat, tidak bisa mengikuti gerakan jari kita.

PEMENANG: Lumia 530 (respon touch screen dan kecepatann Lumia 530 lebih unggul dari Zenfone 4)


SISTEM OPERASI (OS) & APLIKASI
*******************************
Lumia 530 dijalankan Windows Phone 8.1 sedangkan Zenfone 4 memakai Android 4.3 Jelly Bean. Kedua OS memiliki fitur yang serupa tapi ada 3 perbedaan menyolok:
1. Disain - Windows Phone memiliki disain minimalis yg menyolok dan bergantung pada teks besar dan animasi untuk menyampaikan pesan. Android memiliki warna beragam meski homescreen-nya diisi ikon statik yang kurang berguna. Namun Android punya berbagai widget yang bisa mensimulasikan fitur Windows Phone.
2. Jumlah aplikasi - Lebih banyak produsen aplikasi yang tertarik dengan Android. Otomatis, hal ini berarti bahwa aplikasi berbasis Android lebih beragam dibanding aplikasi berbasis Windows Phone.
3. Customization - Android mengizinkan pengguna merubah apa saja, termasuk keyboard hingga cara homsecreen bekerja. Tapi Windows Phone tidak memperbolehkannya.

PEMENANG: Zenfone (Android lebih fleksibel)


HASIL AKHIR
***************
Pemenangnya adalah Asus Zenfone 4! Dengan rangka kuat, kualitas panggilan yang lumayan, dan performa yang bagus, Zenfone 4 adalah pilihan smartphone yang tepat.


Ingin memiliki Asus Zenfone 4 dengan harga miring? Hanya hingga 30 September 2014, Zenfone 4 dapat dibeli hanya dengan Rp 1.199.000, hanya di JayaPC saja. Sudah termasuk ongkir se-Jabodetabek. Berminat? Kalian bisa menghubungi saya karena saya pegawai di sana. Atau kalian bisa langsung berkunjung ke situs www.JayaPC.com 


Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment