Castielus PCus

Melarang User Menjalankan Program Tertentu Di Windows

Friday, February 21, 2014 , Posted by Unknown at 8:42 PM

Kalau komputer kamu dibagi dengan orang lain, misal di kantor/toko, dan ada program sensitif yang tak boleh dijalankan orang lain, kamu butuh Local Group Policy. Fitur ini hadir dalam Windows 7 dan Windows 8. Tapi dalam versi Home kedua Windows itu, fitur ini absen.

Pertama, klik Start dan ketik gpedit.msc lalu Enter.
gpedit_start

Masuk ke User Configuration - Administrative Templates - System. Di bawah Setting, scroll ke bawah dan dobel-klik Run Only Specified Windows Applications.

Setel fitur itu menjadi Enabled. Lalu di bawah Options, klik tombol Show di samping List of Allowed Applications.



Dialog box Show Contents akan muncul, di mana kamu bisa mengetik aplikasi apa saja yg boleh dijalankan pengguna. Kalau sudah selesai, klik OK, lalu keluar dari Local Group Policy Editor. 


Kalau ada user yang mencoba menjalankan aplikasi yang tidak termasuk dalam daftar, dia akan mendapat peringatan sebagai berikut:



TAMBAHAN
*************
Pengguna yang gaptek mungkin tidak bisa membobol aturan yang kamu terapkan. Tapi pengguna yang mahir Windows bisa mengatasinya. Oleh karena itu, memakai cara serupa di atas, kamu bisa memasukkan daftar program yang dilarang, termasuk command prompt dan task manager.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment