Castielus PCus

Internet Download Sendiri? Hentikan Services!

Thursday, February 20, 2014 , Posted by Unknown at 2:07 AM

Mayoritas koneksi internet di Indonesia masih dicekik dengan kuota bulanan. Pernahkah kamu kesal karena mendadak kuota internet kamu sebesar 2-3GB habis secara misterius? Padahal kamu yakin sekali kamu tidak men-download apapun yang besar dan sudah mematikan update Windows dan anti virus. Lantas, siapa yang diam-diam memakai internet kamu?

Orang awam akan langsung menebak virus atau program lain, tapi tidak banyak yang tahu bahwa Windows ternyata bisa berkhianat :)Ya, benar. Windows-lah yang menyedot bandwidth kamu! Tepatnya, dua dari services yang berjalan otomatis tiap kali komputer dinyalakan. Mereka adalah Background Intelligent Service dan IP Helper.

http://www.petenetlive.com/KB/Media/0000591/00005.jpg


Keduanya sangat licin dan tidak terdeteksi. Jika kamu memakai software network untuk memantau lalulintas cyber, yang nampak cuma Svchost yang begitu aktif. Tapi Svchost tak bisa dimatikan dan akan menyala otomatis. Satu-satunya cara adalah dengan mematikan service BIT dan IP Helper. Dari Command Prompt, ketik services.msc  Cari kedua service itu dan matikan secara permanen. Jangan lupa reboot!

Fungsi  IP Helper tidak dibutuhkan mayoritas pengguna. Tugasnya hanya untuk memfasilitasi tunnel antara IPv4 dan IPv6. Untuk melakukan tugasnya, IP Helper butuh koneksi internet. Masalahnya, IP Helper terus-menerus melakukan koneksi, bahkan ketika kamu tidak memakai internet sama sekali. Sedangkan Background Intelligent Service bertugas melakukan transfer file dengan menggunakan bandwidth yang "tidak terpakai". Ini berarti bahwa sata kamu tidak memakai internet, service ini akan memakainya.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment