Castielus PCus

Drive Eksternal Tak Terdeteksi? Konflik Drive Letter!

Thursday, February 20, 2014 , Posted by Unknown at 8:08 PM

Sebuah drive eksternal (flash disk, memory card, hard disk portable, dkk) kadang mengalami error saat dipasang ke komputer. Lampu indikasi power menyala tapi drive itu tidak muncul dalam daftar drive di My Computer. Kalau kamu yakin drive kamu tidak rusak, penyebabnya mungkin dikarenakan adanya konflik drive letter.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7rkH5rToTUWtwfpAEoWBrukyYNj2sL9YqPnU8t8EC72NwqQlpIHh8hdzULnyV4-hp3pmzTdvIpwiHutD-YYOhw9hRb8rIQXBYRUgLppAVY8DJGeJmuNUlxEYuRi2jqoq2xioD9s-79Mhq/s1600/Memperbaiki-Flashdisk-Yang-Tidak-Terbaca-300x300.jpg
Misalnya, drive eksternal itu biasanya menempati urutan huruf sebagai drive H. Tapi urutan itu kacau setelah kamu mengotak-atik Windows atau memasang alat baru. Huruf H itu dipakai oleh lebih dari satu alat. Alhasil terjadi konflik. Bagaimana cara menyelesaikan konflik itu? Simak langkah2nya di bawah:

1. Klik My Computer dan catat/ingat semua huruf drive yang dipakai komputer kamu
2. Klik Start, lalu klik-kanan Computer (My Computer untuk Windows XP), pilih Manage.
Image

 Image

 3. Di kolom kiri, di bawah Storage, pilih Disk Management
Image

 4. Di sisi kanan, cari huruf drive dari drive eksternal kamu yang bermasalah. Dalam gambar contoh di bawah, drive bermasalah itu bernama Cruzer dan menempati huruf F.
5. Klik-kanan drive itu dan pilih Change Drive Letter And Paths. Dalam contoh di bawah, drive itu dinamai Disk 1.
Image


 6. Klik Change
 Image

 7. Pilih huruf drive baru yang BELUM dipakai komputer kamu. Dalam contoh di bawah, drive itu menempati huruf baru yaitu G,
Image

 8. Klik OK dan Yes. Masalah selesai!


SOLUSI LAIN
***************
Ada kalanya, masalah ini terjadi karena driver yang korup. Oleh karena itu, kamu harus meng-uninstall drive eksternal itu lalu meng-installnya kembali. Cara sebagai berikut:
1. Klik Start dan ketik: Computer Management
2. Pilih Device Manager.
3. Dari daftar alat, pilih drive eksternal kamu yang bermasalah itu lalu klik-kanan serta klik Uninstall
4. Dari menu di atas, klik Action, lalu klik Scan For Hardware Changes
5. Windows akan meng-install ulang drive eksternal kamu

Currently have 3 comments:

  1. kalo masalahnya kyak gini gimana ya? :
    hdd eksternal seagate 250 gb punya ane ketedek. di systray juga muncul simbol apa itu yang buat di eject. Nah di Disk management tidak muncul. Di windows explorer tidak muncul juga. Tapi di driver manager muncul. Udah saya coba reinstal drivernya, masih tetap juga gak bisa.

    gimana cara ngatasinnya ya?

  1. Unknown says:

    @Eomer: HDD kamu sering dicabut tanpa Safely Remove? Apakah lampunya kedap-kedip atau seolah kurang daya? Kalo HDD sampai tidak muncul di Explorer dan Disk Management, bisa jadi HDD itu mati. HDDku dulu pernah begitu gara2 koneksi USBnya sering putus sendiri. Akhirnya saya ganti baru dan harus rela hilang data.

    TAPI sebelumnya, pastikan dulu dengan mencolok HDD kamu ke komputer lain. Kalo terbaca, buruan diback-up. Kalo tidak terbaca juga, coba gunakan HDD Regenerator. Jika tidak bisa, artinya kamu harus mengganti HDD itu.

  1. malah seringnya tak safely remove. ini ga ada hujan ga angin, jatoh juga enggak, eh tiba-tiba ga bisa dipake.

    emang minta ganti ini gan, ane coba bongkar trus sambungin ke pc langsung, ga ndetek. ilang deh data2nya.

    THANKS anyway :D

Leave a Reply

Post a Comment