Castielus PCus

Daftar Istilah Film Download

Monday, May 12, 2014 , Posted by Unknown at 1:10 AM

Pasti donk kamu pernah mendownlaod film dari internet, meski cuma sekali saja? Pernah penasaran tidak dengan segala macam label yg menghiasi judul film? Seperti PROPER, REPACk, DVDRip, dll? Nah, berikut daftar istilah dalam dunia pen-download-an film:

http://www.clipartguide.com/_named_clipart_images/0511-0904-0419-5851_Boy_Enjoying_Popcorn_while_Watching_a_Movie_clipart_image.jpg
"CAM? PROPER? REPACK? Apaan tuh???"

CAM - film yg dirip dengan video kamera di bioskop

TELESYNC (TS) - Mirip dengan CAM tapi audio rekaman terpisah. Tidak berarti audionya lebih bagus dari CAM krn tetap ditanam di bioskop.

TELECINE (TC) - Film dicopy dari gulungan film bioskop. Kualitasnya lebih bagus dari CAM tapi jarang dipakai krn biayanya mahal!

R5 Retail (R5) - Film diambil dari retail dvd resmi tapi kualitasnya tidak sebaik rilisan standard krn R5 selalu dirilis terburu2 agar tidak keduluan pembajak film.


SCREENER (SCR) - Sumber film berasal dari kaset VHS yang dipromosikan ke toko-toko rental

DVD-SCREENER (DVDscr) - Mirip SCR tapi sumbernya adalah DVD

DVDRip - Film diambil dari rilisan standard DVD, kualitasnya tentu lebih baik dari R5.

VHSRip - Mirip DVDRip tapi kalo yang ini berasal dari kaset VHS

TVRip - Sesuai namanya, dirip dari tv

WORKPRINT (WP) - Sumber film ini adalah film yang belum selesai diedit. Bisa jadi ada musik yang hilang, adegan yang hilang, dll. Kualitasnya pun bisa buruk dan bisa pula bagus. Tergantung.

DivX Re-Enc - Film yang bersal dari VCD original tapi dirip ke dalam file DivX berukuran kecil

LIMITED - Film yang bersumber pada rilisan/pemutaran terbatas (di bawah 250 bioskop)

PROPER - Dalam dunia bajakan, tim2 pembajak berlomba. Siapa yang duluan merilis Telesync. Jika ada rilisan di kemudian hari yang lebih bagus, rilisan itu dilabeli dng PROPER. Maksudnya agar pendownload tahu bahwa kualitasnya lebih bagus dibanding rilisan pertama. Masalahnya, ada tim pembajak yang putus asa karena telat merilis dan sengaja asal-asalan memakai label PROPER.

INTERNAL - Rilisan film bajakan terbatas yang hanya diedarkan di komunitas tertentu.

STV - Film yang langsung rilis ke video rumah, tanpa bioskop

ASPECT RATIO TAGS - Beberapa video membawa nama WS (Wide Screen) dan FS (Full Screen)

REPACK - Sebuah grup pembajak film mungkin melakukan error dalam rilisan pertama. Jika diperbaiki, rilisan berikutnya dilabeli REPACK.

NUKED - Film "terlarang" yg melanggar aturan forum film. Misalnya ada forum yg melarang Telesync, maka film itu akan dilabeli NUKED. Tapi jika rilisannya benar2 error (misal tanpa soundtrack), ramai2 akan dilabeli NUKED oleh semua forum download.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment