Castielus PCus

Font Mendadak Bold Atau Italic?

Saturday, September 6, 2014 , Posted by Unknown at 12:51 AM

Dalam Windows, jenis font dan formatnya sudah ditentukan dalam tema desktop. Itu sebabnya jika font dalam tema diotak-atik, akan timbul kekacauan. Misalnya saja, font mendadak berformat Bold. Hal ini bisa terjadi dalam Windows Explorer ataupun saat browsing.

Bold_Italic_Font_Problem_Windows.png
Kekacauan font Windows
Jika masalah ini terjadi pada kamu, jangan panik. Ada beberapa solusi yang bisa dicoba. Simak caranya berikut ini:




Solusi 1: Gunakan tema default dari Desktop Properties
1. Klik-kanan desktop, pilih Personalize. Dalam XP, akan muncul tulisan Properties. 2. Gunakan tema Windows default. Proses ini akan merestorasi semua font dan warna. Jika cara ini tidak berhasil, ikuti Solusi 2.

Solusi 2: Reset Setting Font Default
1. Ketik fonts dalam kolom Run/Search lalu Enter. Folder font akan dibuka. ATAU kamu bisa mengakses font lewat Control Panel.
2. Klik "Font settings" di sisi kiri
Open_Font_Settings.png
3. Klik "Restore default fonts settings"
Reset_Default_Font_Settings.png
4. Restart. Jika solusi ini tidak mempan, coba Solusi 3.

Solusi 3: Restore Default registry settings
Ada kalanya setting font dalam Registry menjadi korup. Masalah ini bisa berujung pada kacaunya font.
1. Download file REG dari Download Registry Script. Ekstrak dan jalankan file berkestensi REG. Saat diminta konfirmasi, jawab ya.
2. Restart
Solusi 4: Reinstall font yang bermasalah
Jika ketiga solusi di atas tidak manjur, cara berikut bisa menolong. Ada kalanya font default Windows seperti Arial, Times New Roman, Courier New, Tahoma, Verdana, Trebuchet MS, MS Sans Serif dan Segoe UI menjadi korup. Atau bisa saja terhapus secara tidak sengaja gara-gara program lain atau bahkan update Windows. Jika Windows tidak menemukan font yang dimaksud, Windows akan menggunakan font sejenis. Itu sebabnya, penggunaan font seolah-olah kacau dari sisi si pengguna.

Contoh kasus: Windows Vista dan Windows 7 memakai font "Segoe UI Regular". Jika font reguler itu hilang, Windows akan memakai font "Segoe UI Bold Italic" yang sebenarnya merupakan font terpisah dari font reguler.Gara-gara ini, font seolah mendadak bold atau italic dari sisi si pengguna.

1. Download file berikut:Download Missing Windows Fonts lalu ekstrak. Hasilnya adalah satu folder font berekstensi .ttf ATAU masuk ke situs Microsoft dan cari font yang kamu butuhkan: https://www.microsoft.com/typography/default.mspx
2. Pilih semua file font itu lalu klik-kanan dan pilih Install. ATAU kamu bisa memindahkan isi folder itu ke dalam folder Fonts dalam folder Windows. 
3. Windows akan meminta konfirmasi dengan notifikasi "The font is already installed. Do you want to replace it?". Klik Yes.
4. Restart dan dijamin masalah bold/italic kamu akan tuntas.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment